iPhone ada dua versi?. Ya, memang betul telah beredar iPhone 3G, dengan S dan tanpa S (edisi perdana). Arti S yang ditambahkan di belakang 3G memiliki arti Speed (cepat). Jika diamati dengan mata telanjang sepertinya tidak ada yang berbeda dari keduanya. Yang membedakan keduanya adalah fitur di dalamnya.

iPhone 3GS terdapat kamera yang bisa diatur fokusnya dengan mengetuk layar atau mengaktfikan fitur otofokus. Anda pun dapat merekam video VGA 30fps hanya dengan masuk ke aplikasi kamera dan pindah dari mode still ke movie, sesuatu yang memang diinginkan pengguna iPhone. Fitur Otofokus, auto wahite balance dan auto exposure juga tersedia di fitur video.

Yang menarik lainnya, video bisa disunting dengan mengetukkan jari Anda di titik awal dan akhir klip yang diinginkan lalu pilih menu Trim. kemudian ketuklah tombol Share untuk mengirim email, MMS, MobileMe gallery, atau YouTube.

3GS juga mendukung fitur copy and paste, serta kemampuan MMS, A2DP Bluetooth, geotagging (foto dan video) maupun navigasi. Tersedia pula kompas digital bulit-in juga pengendalian via suara.

Sayang, 3GS tak menyertakan FM receiver/transmitter. Juga tak tersedia papan keyboard. Lebih disayangkan lagi, baterainya masih ditanam (built-in). Namun diklaim batere tersebut lebih awet dibanding versi 3G yaitu 9 jam untuk akses internet dengan Wi-Fi, 10 jam video, 30 jam playback audio, 12 jam waktu bicara 2G, serta 5 jam waktu bicara 3G. Namun ini juga sangat tergantung kondisi jaringan telepon.

iPhone 3GS akan tersedia di AS, Canada, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Swiss mulai 19 Juni. Baru seminggu setelahnya Apple akan luncur di enam negara lain, lalu pada bulan Juli dan Agustus beredar di seluruh dunia.

Ponsel baru ini dikabarkan dijual seharga US$ 199 untuk versi 16GB, dan US$ 299 untuk versi 32GB. Sedang harga iPhone 3G diturunkan Apple menjadi US$ 99.

Sumber : SuaraMerdeka.Com

Bookmark and Share


Artikel Terkait :


Labels:
0 Responses