"KAMI TIDAK TAKUT. We are not affraid. Fight terrorism!" Begitulah seruan yang kini menggema di Twitter sejak dua bom meledak di Mega Kuningan, Jumat (17/7) silam.

Para pengguna Twitter dari Indonesia berlomba-lomba untuk memasang bendera merah putih di ujung kanan foto profilnya atau melakukan overlay bendera Merah Putih. Semua hanya dilakukan dengan langkah mudah karena ada sukarelawan global yang membuatkan aplikasinya.

Semua pun ramai-ramai memasang tag #indonesiaunite di pesannya. Saat ini malah sudah disediakan aplikasi khusus agar setiap posting langsung diberi tag tersebut. Sampai-sampai #indonesiaunite sempat nongol di tag terpopuler di Twitter.

Indonesia Unite kini malah telah menjadi gerakan di berbagai komunitas sosial di dunia maya. Tak hanya di Twitter, tapi juga di Facebook. Bahkan sudah ada situs Indonesia Unite.

Menurut Enda Nasution, yang dikenal sebagai Bapak Blogger di kalangan netter, gerakan tersebut datang seketika begitu teror bom kembali terjadi di Indonesia. Gerakan tersebut tidak diorganisasi kelompok tertentu.

"Spontanitas saja sehingga tidak ada yang memiliki. Gerakan ini adalah milik bersama," ujar Enda. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini pun sepertinya belum ada yang punya rencana untuk membuat gerakan Indonesia Unite menjadi terorganisasi dengan membuat pengurusnya sehingga lebih terstruktur.

Ia mengatakan, gerakan tersebut bermula dari posting seseorang di Twitter yang menggunakan kata-kata #indonesiaunite. Kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak pengguna Twitter lainnya yang kesal, geram, marah, dengan ulah pengeboman. Secara spontanitas terbentuklah gerakan Indonesia Unite.

Indonesia Unite adalah sebuah gerakan dari para netter yang menyatakan bahwa Indonesia bersatu dan tidak takut dengan ulah para teroris. Gerakan ini memiliki slogan "Kami Tidak Takut" yang terinspirasi oleh lagu karangan Panji Pragiwaksono yang kini menjadi theme song-nya.

Gerakan spontanitas yang digerakkan masing-masing komunitas ini dinilai efektif. Di Facebook saja, grup #indonesiaunite sudah diikuti lebih dari 60.000 orang hanya dalam waktu kurang dari seminggu. Entah berapa puluh ribu atau juta lagi yang akan bergabung nanti, gerakan ini telah menyatukan orang Indonesia untuk membela Tanah Air-nya. Ayo bergabung lawan terorisme!

Sumber : Kompas

Bagi kalian yang mau Mp3 lagu "Kami Tidak Takut - Pandji" silahkan klik disini untuk mendownloadnya


Artikel Terkait :


Labels: ,
1 Response
  1. Lidya Says:

    siap ikutan nih